Bahan-bahan Alami untuk Menghilangkan Karang Gigi yang Membandel

Cara menghilangkan karang gigi yang membandel – Karang gigi adalah lapisan kuning seperti kapur yang menempel pada permukaan gigi. Biasanya bisa Anda temukan di area-area terpencil yang susah dijangkau bulu sikat gigi seperti gigi geraham belakang, di sela-sela gigi, dan di batas garis gusi dan gigi. Karang gigi harus dibersihkan sebelum karang gigi menimbulkan masalah gigi dan mulut yang serius. Ada banyak bahan-bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan karang gigi, seperti:

Biji wijen

Ambil segenggam biji wijen lalu kunyah-kunyahlah biji wijen ini. Jangan ditelan dahulu. Ambil sikat gigi lalu gosok gigi Anda dengan sikat gigi kering tersebut saat biji wijen masih ada dalam mulut Anda. Biji wijen akan membantu meluruhkan karang gigi membandel yang tidak bisa dibersihkan dengan pasta gigi biasa.

Makanan pedas

Bagi masyarakat Indonesia makanan pedas sudah menjadi bagian dari diet sehari-hari. Makanan pedas bisa menstimuli kelenjar ludah untuk memproduksi air liur lebih banyak sehingga air liur ini bisa membersihkan gigi dan mulut secara alami.

Cuka

Kandungan asam cuka bisa berfungsi sebagai cara merontokkan karang gigi. Larutkan dua sendok makan cuka, satu sendok makan garam dalam 1 gelas air. Gunakan larutan ini untuk kumur-kumur setiap hari.

Baking soda

Taburi baking soda di atas bulu sikat gigi yang basah. Kemudian gosok gigi seperti yang biasa Anda lakukan. Baking soda merupakan pembersih alami yang bersifat abrasif. Jadi jangan menggosok gigi dengan baking soda selama 5 hari berturut-turut karena dikhawatirkan kandungan baking soda bisa menggerus lapisan enamel di permukaan gigi. Gigi Anda bisa keropos jika banyak enamel yang hilang dari permukaannya.

Minyak wijen

Jika sebelumnya kita sudah mengetahui kegunaan biji wijen, sekarang kita menggunakan minyak wijen. Minyak wijen bisa digunakan untuk membersihkan karang gigi yang membandel sekaligus menyembuhkan penyakit gusi. Hangatkan sedikit minyak wijen lalu kumur-kumur dengan minyak wijen hangat tersebut. Bilas mulut dengan air sesudahnya. Lakukan dua kali sehari. Jika dilakukan rutin, kumur-kumur dengan minyak wijen merupakan cara menghilangkan karang gigi secara alami yang efektif dan efisien.

Air perasan lemon

Kandungan asam dalam air perasan lemon bisa melunakkan karang gigi sehingga karang gigi bisa meluruh sendiri atau jadi gampang digosok dengan sikat. Campurkan air perasan satu buah lemon dalam segelas air lalu gunakan untuk kumur-kumur. Perlu diperhatikan untuk tidak kumur-kumur dengan air perasan lemon secara langsung tanpa dilarutkan. Kandungan asam air perasan lemon bisa merusak lapisan enamel dan juga iritasi pada gusi.

Buah-buahan dan sayuran

Buah-buahan dan sayuran mengandung air yang dapat berfungsi sebagai cara menghilangkan karang gigi yang membandel secara alami. Apalagi buah-buahan dan sayuran banyak mengandung mineral dan vitamin yang baik untuk tubuh. Jadi tidak hanya gigi yang sehat namun juga tubuh Anda secara keseluruhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *