Tak Perlu Keluar Uang Banyak untuk Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Parah

Cara menghilangkan karang gigi yang sudah parah – Pernahkah Anda memperhatikan gigi Anda dan melihat ada lapisan tebal berwarna kuning menempel pada gigi Anda? Lapisan kuning ini dinamakan karang gigi atau kerak gigi atau istilah kedokterannya calculus. Karang gigi ini adalah plak yang mengeras akibat malas membersihkan gigi sehabis makan. Bakteri yang ada di mulut akan mengubah sisa makanan ini menjadi plak yang kemudian bisa mengeras menjadi kerak gigi. Karang gigi bisa menyebabkan bau mulut, gusi berdarah, gusi bengkak kronik, dan masalah gigi dan mulut lainnya. Itu sebabnya Anda harus tahu bagaimana cara menghilangkan karang gigi yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Cara menghilangkan kerak gigi tanpa perlu ke dokter gigi

  • Menggosok gigi dengan baking soda

Membersihkan kerak gigi dengan baking soda adalah salah satu cara yang paling mudah dan paling efektif kerjanya. Caranya mudah saja. Tuang baking soda dalam mangkuk. Basahi sikat gigi Anda lalu celupkan kepala sikat ke dalam bubuk baking soda sampai baking soda menempel di bulu sikat. Gosok gigi Anda seperti biasanya. Tambahkan sejumput garam jika Anda menyukainya. Menggosok gigi dengan baking soda tidak perlu keras-keras dan jangan terlalu sering karena baking soda memiliki sifat abrasif ringan. Dikhawatirkan lapisan enamel gigi ikut tergerus jika Anda terlalu keras atau terlalu sering menggosok gigi dengan baking soda. Cukup lakukan 1-2 kali dalam seminggu.

  • Menggosok-gosokkan kulit jeruk pada gigi

Vitamin C pada kulit jeruk dapat mencegah mikroorganisme tumbuh dan berkembang di permukaan gigi. Seperti yang sudah kita ketahui mikrorganisme seperti bakteri berperan penting dalam pembentukan karang gigi. Jadi menggosok-gosokkan gigi dengan kulit jeruk setiap malam sebelum tidur dapat membantu menghilangkan plak sekaligus mencegah pembentukan karang gigi.

  • Makan buah apel atau melon

Siapa sih yang tidak suka makan apel atau melon? Makan buah apel atau melon sehabis makan merupakan cara menghilangkan plak pada gigi yang alami sekaligus nikmat. Buah-buah ini juga bagus untuk meningkatkan kesehatan gusi sehingga risiko gusi berdarah bisa berkurang.

  • Menggosok-gosokkan tomat atau stroberi ke permukaan gigi

Jika apel atau melon dimakan, maka tomat atau stroberi digosok-gosokkan ke gigi. Kandungan vitamin C kedua buah ini bisa mencegah pembentukan karang gigi sekaligus memutihkan gigi. Belah buah tomat atau stroberi, lalu gosok-gosokkan ke gigi. Biarkan selama beberapa menit lalu kumur-kumur dengan air hangat yang sudah diberi baking soda.

  • Membuat pasta gigi sendiri

Jika Anda khawatir dengan bahan-bahan kimia yang terkandung dalam pasta gigi buatan pabrik, kenapa Anda tidak membuat pasta gigi sendiri? Caranya campurkan ½ cangkir minyak kelapa, 2-3 sendok makan baking soda, 2 sachet gula bubuk Stevia, dan 20 tetes minyak esensial kayu manis atau peppermint. Simpan dalam toples kecil dan gunakan saat Anda ingin menggosok gigi.

Cara-cara di atas merupakan cara menghilangkan karang gigi yang sudah parah yang efektif sekaligus mudah diterapkan siapa saja. Selamat mencoba.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *