Tidak Disangka Ternyata Garam Bisa Digunakan untuk Menghilangkan Karang Gigi

Cara menghilangkan karang gigi dengan garam – Karang gigi, kerak gigi atau dalam istilah kedokteran gigi disebut calculus adalah pengerasan plak pada gigi. Karang gigi biasanya terbentuk di garis perbatasan antara gigi dan gusi serta di sela-sela gigi karena memang area ini sangat sulit dibersihkan hanya dengan sikat gigi biasa. Makanya kita disarankan untuk menggunakan benang gigi juga selain rutin menggosok gigi. Karang gigi juga dibiarkan semakin menebal bisa menyebabkan masalah-masalah gigi dan mulut seperti bau mulut, gusi berdarah, pembengkakan gusi, dan yang paling parah adalah pengeroposan tulang atau gangguan jantung jika plak terbawa aliran darah pada gusi yang terinfeksi.

Menghilangkan karang gigi tidak perlu harus datang ke dokter gigi. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah dengan menggunakan garam. Ya, bumbu dapur ini tidak hanya ampuh untuk menyedapkan masakan tapi juga ampuh untuk membersihkan karang gigi. Ada beberapa cara menghilangkan plak gigi dengan garam yang bisa Anda lakukan.

Mencampurnya dengan air hangat

Yang perlu Anda lakukan adalah melarutkan dua sendok garam dengan segelas air hangat. Lalu kumur-kumur dengan larutan ini. Air garam efektif menghilangkan plak gigi sebelum plak mulai mengeras menjadi karang gigi. Lakukan cara ini setiap hari agar gigi Anda tetap bersih, bebas dari karang gigi.

Mencampurnya dengan baking soda

Baking soda adalah bahan pembersih sederhana yang serba guna. Sifatnya yang abrasif sangat cocok dipakai untuk membersihkan karang gigi. Caranya mudah saja. Campurkan garam dengan baking soda dengan rasio 1:2. Basahi sikat gigi kemudian taburi kepala sikat dengan bubuk campuran baking soda-garam. Gosok gigi Anda seperti biasa. Anda tidak perlu menggosok gigi keras-keras karena sifat abrasif baking soda dan garam sudah bisa membersihkan karang gigi meskipun hanya dengan sentuhan ringan. Lakukan cara ini 1-2 kali saja dalam seminggu. Menggosok gigi dengan baking soda terlalu sering dapat menyebabkan lapisan enamel terkikis dan membuat gigi gampang keropos.

Mencampurnya dengan air perasan lemon

Cara menghilangkan kerak gigi berikutnya dan sekaligus memutihkan gigi adalah mencampur garam dengan air perasan lemon. Larutkan garam dengan air perasan lemon secukupnya lalu gunakan larutan ini untuk menggosok gigi. Sebaiknya hindari cara ini jika Anda memiliki gusi sensitif karena air perasan lemon bisa menyebabkan perih.

Mencampurnya dengan minyak wijen

Larutan garam dengan minyak wijen dipercaya bisa membersihkan gigi dari kerak sekaligus menghilangkan masalah bau mulut. Caranya cukup mudah yaitu hanya dengan mencampurkan sejumput garam dengan minyak wijen secukupnya. Lalu gunakan larutan garam-minya wijen untuk menggosok gigi. Mengunyah biji wijen juga dipercaya bisa menghilangkan plak gigi. Mungkin Anda bisa mengkombinasikan kedua cara ini agar gigi Anda tetap terjaga dari kerak gigi.

Meskipun ada cara-cara di atas, Anda tetap harus rajin menggosok gigi dengan pasta gigi berfluoride dua kali sehari terutama sehabis makan, dan rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Dengan begitu, gigi Anda akan tetap bersih, kuat, dan bebas dari karang gigi serta masalah mulut lainnya. Selamat mempraktikkan cara menghilangkan karang gigi dengan garam di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *